Tips Memilih Sepatu Joging yang Tepat 

Tips Memilih Sepatu Joging yang Tepat 

CELOTEH RIAU-- Lari menjadi salah satu olahraga favorit bagi banyak orang. Namun, Anda membutuhkan sepatu olahraga yang tepat untuk lari. Berikut beberapa tips memilih sepatu olahraga yang tepat.

Mulai dari teknik pengukuran yang tepat, analisis gaya berjalan, hingga penggunaan kaus kaki menjadi beberapa pertimbangan untuk menemukan sepatu lari yang tepat.

Tak mudah, menemukan sepatu lari yang tepat membutuhkan pengetahuan dasar tentang kesesuaian, jenis, dan kinerja.


Berikut tiga langkah menemukan sepatu lari yang tepat, melansir Healthline.

1. Tentukan ukuran sepatu
Langkah pertama adalah menentukan ukuran sepatu yang benar, termasuk panjang dan lebar.

Ahli ortopedi Patrick Maloney mengatakan, sepatu lari yang pas adalah kombinasi antara memberikan ruang yang cukup bagi kaki di dalam sepatu dan penyangga yang cukup sehingga kaki tidak bergerak atau tergelincir di dalam sepatu.

Penting juga bagi Anda untuk mendapatkan ukuran panjang dan lebar sepatu yang disesuaikan dengan jenis kaus kaki yang akan digunakan saat berlari.

Untuk panjang yang tepat, beri jarak setidaknya 1,25-2,5 sentimeter antara jari kaki terpanjang dan ujung sepatu. Untuk mendapatkan lebar yang pas, pastikan Anda bisa mencubit atau menekan beberapa bagian samping sepatu.


Ukuran sepatu lari biasanya setengah kali lebih besar dari ukuran sepatu biasa yang Anda gunakan. Jadi, setelah menentukan panjang dan lebar yang tepat, coba juga cari ukuran sepatu dengan ukuran setengah kali lebih besar dari yang biasa Anda pakai.

2. Coba sepatu yang berbeda
Setelah pengukuran selesai, saatnya mencoba beberapa merek dan tipe sepatu lari.

Maloney menyarankan Anda berdiskusi dengan profesional atau orang yang berpengalaman untuk ini. Selain memastikan ukuran yang tepat, mereka akan membantu Anda untuk mempertimbangkan kesejajaran kaki, jarak tempuh yang direncanakan, dan variabel-variabel lain yang berkontribusi terhadap kenyamanan dan keamanan saat berlari.

Beberapa toko sepatu olahraga khusus juga umumnya akan memberikan saran yang dilihat berdasarkan analisis gaya berjalan Anda. Hasil analisis gaya berjalan akan menemukan mana dari tiga sepatu lari yang harus dipertimbangkan, seperti netral, stabilitas, dan kontrol gerak.

Setelahnya, luangkan waktu sebentar untuk melakukan percobaan joging di tempat dengan sepatu pilihan. Ini akan membantu Anda menentukan kenyamanan sepatu yang digunakan. Pastikan juga untuk mengenakan kaus kaki saat mencobanya.

Ilustrasi joggingIlustrasi. Joging yang nyaman dan aman akan bergantung pada sepatu yang Anda kenakan. (morgueFile/fitwalk)
3. Pastikan ukuran pas
Manfaat utama dari pengukuran yang tepat, kata Maloney, adalah stabilitas dan dukungan yang baik untuk kaki Anda. Hal itu akan memungkinkan tingkat aktivitas dan lari yang Anda inginkan.

Ingat-lah, sepatu lari yang terlalu besar dapat menyebabkan kerusakan pada jari kaki. Sementara sepatu yang terlalu kecil sering kali menimbulkan kerusakan pada kuku.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti berikut:

- Jari kaki Anda harus memiliki ruang yang cukup untuk menyebar.

- Jari kaki tidak boleh terasa kaku atau menyentuh ujung sepatu.

- Tumit harus terasa nyaman


Tips Lain Memilih Sepatu Olahraga Lari

Menemukan sepatu lari yang tepat melibatkan lebih dari sekadar warna dan model terbaik. Selain ukuran yang pas, ada beberapa hal yang yang perlu diperhatikan seperti berikut.

- Jika Anda kurang yakin pada pengukuran, minta bantuan ahli untuk mengukur kedua kaki saat berdiri.

- Ukur kaki Anda setiap tahun.

- Kaki cenderung membengkak sepanjang hari. Ada baiknya jika Anda mencoba memilih sepatu di pagi atau sore hari.

- Pastikan ada ruang di antara ujung jari terpanjang dan ujung sepatu.

- Saat mencoba sepatu lari, pastikan Anda telah mengetahui jenis lari yang akan dilakukan. Misalnya, lari lintas alam atau lari di perkotaan.

- Rasakan potensi titik nyeri untuk menghindari masalah di kemudian hari.

- Tetap mencoba sepatu sebelum membeli.

 

#serba serbi

Index

Berita Lainnya

Index